Pemahaman Dan Fungsi Office Button Dan Quick Access Toolbar Pada Microsoft Excel 2010

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Word 2010 - Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Acces Toolbar, Ketika mengaktifkan Microsoft Excel 2010, kita akan melihat aneka macam ikon yang ada di sudut kiri sebelah atas monitor. Secara umum ikon-ikon yang dimaksud dapat dikelompokkan menjadi Office Button dan Quick Access Toolbar. Ikon-ikon tersebut merupakan salah satu pembeda Microsoft Exel 2010 dengan Microsoft Excel versi sebelumnya.

1. Pengertian Office Button

Pengertian Office Button, Tombol Office Button terletak di sudut kiri atas jendela aplikasi Microsoft Excel 2010. Tombol ini berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan penanganan kontrol jendela Microsoft Excel 2010. Perintah yang dimaksud adalah seperti Restore, Move, Size, Minimize, Maximiza, dan Close. Anda dapat menampilkan jendela Microsoft Excel 2010 sesuai keinginan lewat tombol ini.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tombol Office Button terletak di sudut kiri atas layar Microsoft Exel 2010


Berikut  ini penampilan sesudah ikon Office Button Microsoft Excel 2010 diklik.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan kotak dialog Office Button Microsoft Excel 2010


2. Fungsi dan Ikon pada Office Button

Fungsi Office Button, Apabila Office button diklik akan muncul beberapa menu tampilan yang berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan. Disini aku akan menunjukkan fungsi pada ikon Office Button.

=> Restore: Fungsinya memperkecil tampilan dari jendela Microsoft Excel yang digunakan.
=> Move: Fungsinya memindahkan atau memindah posisi jendela Microsoft Excel sesudah berukuran kecil.
=> Size: Fungsinya menyesuaikan besar ukurannya tampilan jendela Microsoft Excel sesuai dengan keperluan anda.
=> Minimize: Fungsinya menyembunyikan jendal Microsoft Excel di taskbar.
=> Maximize: Fungsinya Mengembalikan ukuran penampilan jendela Microsoft Excel pada ukuran maksidmal.
=> Close: Fungsinya menutup jendela Microsoft Excel yang sedang aktif atau berlangsung.

3. Pengertian Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang berisi ikon-ikon yang dipakai selaku jalan pintas untuk memanggil perintah-perintah tertentu. Toolbar ini dipakai untuk mengelompokkan ikon-ikon yang sering dipakai dalam pengolahan dokumen.

Secara default Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah ikon yakni, ikon Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir ialah Redo (untuk membatalkan Undo atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan. Kita mampu menyertakan beberapa ikon (perintah) pada Quick Access Toolbar sesuai dengan keperluan kita.

Untuk memasukkan atau menambahkan ikon-ikon perintah yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Klik tombol anah panah disebelah kanan baris Quick Access Toolbar.
  • Berilah tanda (Centang) pada kotak yang telah tersedia di samping opsi ikon tersebut.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Kotak untuk memilih perintah yang hendak ditampilkan pada Quick Access Toolbar perintah yang diseleksi diberi tanda centang.

Apabila ternyata pada fasilitas Quick Access Toolbar tidak terdapat ikon yang diharapkan, anda mampu mengakses dan sekaligus memasukkan ikon tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan tindakan dibawah ini.
  • Klik tombol combo box pada Quick Access Toolbar.
  • Pilih dan klik pada perintah More Commands.
  • Pilihlah salah satu ikon ynag dikehendaki, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Acces toolbar (klik Add untuk menyertakan perintah dan klik Remove untuk membatlkan perintah).
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Langkah memasukkan ikon ke dalam Quick Access Toolbar

  •  Selanjutnya, Klik "OK".
Secara default Quick Access Toolbar terletak di bagian atas jendela Microsoft Excel 2010, sempurna di sebelah kanan Office Button. Posisi Quick Access Toolbar mampu anda pindahkan di bawah ribbon. Caranya mampu anda lihat dibawah.
  •  Klik ikon anak panah di sebelah kanan ikon-ikon Quick Access Toolbar, sehingga tampilan akan seperti gambar dibawah ini.
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan permulaan sebelum posisi Quick Access Toolbar dipindahkan

  •  Klik "Show Below the Ribbon", sehingga penampilan Quick Access Toolbar akan seperti gambar dibawah ini.
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan posisi Quick Access Toolbar sehabis dipindahkan


4. Fungsi dan Ikon pada Quick Access Toolbar

=> Save: Fungsinya menyimpan file yang sudah atau sedang dilaksanakan.
=> Undo: Fungsinya membatalkan perintah terakhir yang diberikan.
=> Redo: Fungsinya membatalkan Undo.
=> New: Fungsinya menciptakan halaman kertas yang baru.
=> Open: Fungsinya membuka file atau dokumen yang pernah dibuat memakai Microsoft Excel 2010.
=> E-mail: Mengirimkan dokumen lewat e-mail memakai jaringan internet ke alamat e-mail yang diinginkan.
=> Quick Print: Fungsinya mencetak dokumen atau file ke printer secara cepat dalam bentuk kertas.
=> Print Preview dan Print: Fungsinya menyaksikan penampilan dokumen sebelum dicetak.
=> Sort Ascending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terkecil sampai hingga yang terbesar.
=> Sort Descending: Fungsinya mengurutkan data dari yang paling besar sampai dengan yang terkecil.
=> Spelling: Fungsinya menyelidiki ejaan kata pada teks yang kita tulis.
=> Open Recent File: Fungsinya menampilkan tab sajian File.

Cukup sekian untuk artikel Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010. Semoga berfaedah dan memiliki kegunaan, nantikan artikel berikutnya atau eksklusif berlangganan via email dengan kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel