6 Cara Menangani Laptop Yang Tidak Mampu Masuk Windows 7,8,8.1,9.10.Xp

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 7,8,8.1,9.10.XP - Saya teringat laptop aku yang lama, laptop tersebut tidak bisa melakukan OS windows dengan baik dan juga sering sleep, restart, shutdown, hibernate, sering lemot, ngelag bahkan bluescreen berkali-kali saya install namun alhasil tetap sama dikala itu masih hangat-hangatnya windows 8 dan saya memakai os tersebut.

Laptop tersebut bekerjsama adalah laptop bekas yang aku beli tanpa menganalisa kualitasnya apalagi dahulu, awalnya tanpa hambatan untuk mengerjakan windows 7 dan 8, tetapi lama-usang semakin lemot dan sering error.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows  6 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 7,8,8.1,9.10.XP

Saya sudah mencoba banyak hal untuk menanggulangi laptop yang tidak kuat menjankan windows tersebut dan ahirnya ada beberapa cara yang saya rekomendasikan pada anda kalau anda mengalami hal yang sama.

Baca juga:

Diantaranya caranya adalah dengan ganti laptop (dijamin eksklusif sehat, hehe), downgrade OS, dan perbaikan pada hardware laptop yang bermasalah.

Kenapa hal ini Terjadi ?

Sebelum menerangkan wacana solusinya, ada baiknya anda tahu terlebih dulu argumentasi-argumentasi kenapa laptop anda tidak mampu menjalankan windows dengan baik.

Makara anda tidak cuma menduga-ngira. lalu asal servis sehabis beli hardware misalkan Hardisk, ternyata hardisknya tidak kenapa-napa, kan anda jadi rugi juga.

Atau telah anda belikan hardware terbaru, ternyata masalahnya di laptop anda yang terlalu jadul jadi pertama pahami dulu apa saja penyebab yang mungkin menyebabkan laptop anda ngambek sehabis tau, anda bisa mencari cara yang sempurna untuk memperbaikinya

Cara Mengatasi Laptop / PC Yang Tidak Bisa Masuk Windows:

1. Hardware lama/spek rendah

Kemungkinan pertama kenapa laptop anda tidak bisa menjalankan windows dengan baik yakni sebab SPEK laptop yang rendah.

Anda mampu menganalisa spesifikasi/spek laptop anda dengan cara melihat stiker-stiker ajaib yang nempel di laptop anda, umumnya ada stiker berapa hardisknya, apa prosesornya dll. Jika tidak ada stikernya anda mampu mengeceknya di kardus/ buku panduan yang ada bersama dengan laptop ketika anda membelinya. Jika tidak ada juga anda tinggal buka mbah google dan bertanya spesifikasi/spek laptop anda. Anda bisa melihat tipe laptop anda dengan menyaksikan stiker di bawah laptop.

Nah, sehabis anda tahu spesifikasi laptop anda, kini cek apakah telah menyanggupi spek sekurang-kurangnyaos yang ingin anda gunakan, kalau anda menggunakan windows 7 maka laptop anda minimal mesti memiliki prosesor 1 gigahertz (GHz) atau yang lebih singkat, mampu prosesor 32-bit (x86)  atau 64-bit (x64), ram sekurang-kurangnya1 gigabyte (GB) (32-bit), atau ram 2 GB untuk yang versi (64-bit) , harus ada 16 GB hard disk kosong (32-bit) atau  20 GB bila ingin hardisk anda (64-bit) yang terahir harus memiliki DirectX 9 graphics, dengan driver WDDM 1.0 atau diatasnya.

Tapi umumnya laptop keluaran tahun 2005 keatas telah memenuhi patokan ini.

Jika laptop anda sudah memenuhi syarat tetapi tetap tidak bisa melakukan windows dengan baik, mungkin masalahnya adalah

2. Hardware rusak/penampilan menurun

Ketika saya membeli laptop bekas dulu, brand toshiba NB510, ternyata hardisknya sudah agak berurusan bodohnya saya dulu. aku ndak memeriksa kesehatan hardisknya.

Usut punya usut, ternyata pemilik yang usang biasa menaruh laptop tersebut di jok motor, pantes saja hardisknya error.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows  6 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 7,8,8.1,9.10.XP

Setelah aku pakai selama beberapa minggu baru kerasa bahwa windows di laptop saya tidak bekerja dengan baik, telah diinstall ulang tetep saja gak bener,, dan sesudah saya Check bad sector ternyata ada bad sector di hardisk aku.

Jika anda ingin mengecek apakah hardisk anda bermasalah atau tidak, anda bisa menggunakan aplikasi Cristaldiskinfo, anda bisa mendownloadnya lewat https://filehippo.com/download_crystaldiskinfo/

Sudah saya coba memangkas kapasitas hardisk yang rusak, tetapi tetap saja windowsnya ndak bisa berjalan lancar

Ahirnya aku ganti hardisk, dan dilema selesai. tetapi harga hardisk agak mahal, jika anda tak punya cukup uang untuk ganti hardware yang rusak, anda bisa mendowngrade os anda

3. Windows tidak bisa berjalan

Windows itu produksi insan, acap kali ada salah dan errornya juga. ada kalanya windows yang tidak bisa berlangsung dikarenakan windowsnya corrupt atau rusak.

Solusinya yaitu install ulang atau memakai windows recovery

Yang anda butuhkan ialah sebuah flashdisk yang berisi windows, tancapkan ke laptop, dan kerjakan recovery windows dari bios. Guna recovery windows ialah mengubah bab yang error dengan mengambilnya dari flashdisk anda.

Jika sudah anda istall ulang atau recovery tetep ndak mampu, anda bisa melaksanakan cara berikutnya yaitu

Downgrade OS ke XP atau Linux
Saat itu, mungkin sekitar 4 tahun yang lalu, aku masih dalam kebingungan alasannya adalah windows yang ndak mampu berlangsung dengan bener, saya menerima saran oleh sobat saya untuk mendowngrade OS di laptop aku.

Saat itu aku pakai windows 7, saya putuskan untuk mengubahnya ke Linux Mint

4. Pakai Linux Mint

Jika yang rusak ialah hardisk anda dan anda tak memiliki dana cukup untuk membeli hardisk, anda mampu memakai cara downgrade ke linux, sebab lebih ringan dari windows.

Yah, setidaknya anda bisa masih bisa memakai laptop anda untuk keperluan kerja, browsing atau  ngerjakan peran, pilihan lain selain linux mint yakni linux ubuntu, dua OS ini tidak mengecewakan populer dan tampilanya pun juga bagus.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows  6 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 7,8,8.1,9.10.XP

Setelah aku install pakai Linux Mint, ada pergeseran yang cukup anggun laptop aku mampu berjalan dengan cukup baik meskipun ya tidak lancar-tanpa hambatan amat tetapi cukup mampu diandalkan untuk kebutuhan browsing atau menerjakan peran abad itu.

Namun seiring berjalanya waktu, hardisk aku kian sakit dan Linux Mint pun tidak mampu berjalan lagi dengan baik.

Ahirnya saya mendowngrade lagi OS saya menjadi

5. Downgrade Paling Parah pakai OS Linux Pupy

Anda pasti belum pernah mendengar OS ini ketika pertama kali mendengar nama ini, saya juga ndak percaya akan bisa digunakan dengan baik.

Karena dikala itu saya menyaksikan size OS nya tidak hingga 200 MB, linux ini sungguh ringan, anda cuma butuh ram 250mb untuk menjalankan OS ini,

Setelah menggunakan beberapa dikala, saya merasa tidak mengecewakan suka menggunakan OS ini, karena ringan dan saat itu laptopnya hanya saya pakai untuk browsing saja. sayangnya OS ini agak sukar untuk lihat film atau streaming (bukan film nganu ya), maklum ane pecinta anime dulu

6. Ganti Hardisk dan Pakai win XP

Hal terahir yang aku kerjakan dan masalahnya pribadi final yakni dengan mengganti hardware saya yang rusak, yaitu hardisk.

Beruntung  saya nemu hardisk usang berukuran 80GB, dan alhamdulilah masih mampu dipakai.

Ahir dongeng, aku ganti hardisk aku yang rusak, dan menginstall OS Windows XP selaku OS saya sebab kecilnya hardisk saya terpaksa pakai XP.

Dan alhamdulilah laptopnya mampu berjalan dengan lancar dan damai

Kesimpulan

Ada banyak kemungkinan kenapa Windows tidak bisa berjalan dengan baik di laptop, dan diatas yaitu bebrapa solusi yang bisa anda kerjakan.

Pastikan apalagi dahulu masalahnya apa, jangan ceroboh berbelanja hardisk atau berbelanja laptop gres, alasannya mampu jadi masalahnya bisa terselesaikan dengan mudah.

Jika yang rusak hardwarenya, anda mampu mengubah hardwarenya, jika anda tak memiliki cukup uang, anda bisa melakukan hal sama yang aku kerjakan ialah Downgrade OS memakai linux

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel